Tips Mudik Lebaran

Diposting pada

LIBUR TELAH TIBA..!!!

Bagi umat muslim menyambut hari kemenangan bersama keluarga dikampung halaman sudah menjadi tradisi yang sampai saat ini.Maka dari itu bagi para perantau tak lepas dari perjalanan mudik.Berikut beberapa tips mudik bagi para perantau yang akan bersergera menuju kampung halaman.


Perjalanan mudik biasanya menempuh perjalanan yang jauh dan memakan waktu lama, maka dari itu beberapa hari sebelum keberangkatan perhatikalah asupan makan anda dan pola tidur, karena sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita.Usahakan istirahat yang cukup tidak begadang jika keesokannya kamu hendak melaksanakan perjalanan jauh.


Agar perjalanan mudik kita senantiasa aman gunakanlah waktumu jauh-jauh hari untuk mempersiapkan mudik. Mulai dari pemesanan tiket atau jika menggunakan kendaraan pribadi cek lah kendaraan pribadi. Menggunakan jasa trasportasi umum jangan lupa untuk booking tiket-nya jauh hari sebelum keberangkatan. Biasanya tiket mudik cepat sekali habisnya.Seperti tiket kereta biasanya 2 bulan sebelum hari “H” sudah habis terjual, begitu pulang dengan tiket pesawat & bis, tapi tenang masih ada solusi lain bagi kalian yang masih ingin mudik menggunakan transportasi umum, sekarang sudah banyak penyedia jasa travel yang siap menjemput anda dirumah & mengantarkan anda ke alamat tujuan. Jd berasa naik kendaraan prubadi yah.. Tranz Travel merupakan salah satu penyedia layanan travel antar alamat yang siap memberikan pelayanan prima, dengan armada yang terpelihara & didukung dengan driver berpengalaman serta pelayanan yang ramah akan menjadikan momen mudik anda berkesan, untuk pemesanan pun sangat mudah, anda cukup mengisi form pemesanan di situs web kami, atau melalu tlp&WA, setelah itu operator kami akan segera mengkonfirmasi perjalanan anda.


Booking jauh-jauh hari sangat disarankan karena bisa membantu menghemat pengeluaran kita. Untuk kamu yang mudik mengunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor jangan sampai lupa untuk cek kendaraan kita, jika memang ada yang perlu diperbaiki. Perbaikalah semaksimal mungkin agar kendaraan kami aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Khususnya bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi dimohon untuk tidak melebihi kapasitas pemumpang, karena kelebihan muatan sangatlah berbahaya. Pastikan semuanya aman dan selamat.
Perbekalan adalah hal penting selama melakukan perjalanan Mudik, baik itu perbekalan logistik. Perbekalan peralatan dan oleh-oleh. Miminal 3 hari sebelum keberangkatan kita sudah packing barang-barang yang dibutuhkan, seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat pribadi dan perelengkapan lainnya.Agar tidak ada yang terlupa buatlah daftar barang bawaan, jika ada tambahan lagi segeralah masukan ke catatan kamu.Bawalah barang-barang yang diperlukan saja, misalnya baju beberapa pasang sesuai dengan berapa lama kita mudik jangan terlalu banyak karena kita cuma mudik, bukan minggat, kecuai jika ada baju-baju lama yang hendak kamu sumbangkan, jadi ketika pulang mudik barang bawaanmu bisa lebih ringan.Pisahkan barang-barang yang hendak dipakai selama perjalanan dan yang tidak, jika ada oleh-oleh untuk keluarga disana ada baiknya barang-barang tersebut juga dipisah, karena jika digabung akan agak susah untuk mencarinya bisa saja ada barang yang kelupaan untuk diberikan.Jangan membawa yang tidak perlu, seperti mantan berserta kenanganya, jangan. Untuk Barang yang dipakai selama perjalan masukan saja ke day-pack (ransel) atau tas pinggang, barang-barang yang perlu kamu bawa di ransel kita adalah, dompet, obat pribadi, hp+charger dan tiket jika kita pergi dengan trasportasi umum.


Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya perjalanan kita.Jika sudah mepersiapkan semuanya, jangan lupa pula untuk meninggalkan rumah dalam keadaan aman, jangan lupa untuk mematikan saluran air/listrik/gas dan lupa kunci pintu dan pastikan bahwa kita sudah tidak berada di dalam rumah, agar rumah aman dari orang jahil settingalah rumah kita seperti rumah angker, atau pasanglah police line “Rumah ini dalam pengawasan KPK”. Jika Mudik menggunakan kapal laut atau peswat terbang usahakanlah jangan turun di tengah perjalanan. Dan jangan lupa berdoa ya..


Patuhi lalu-lintas.Walaupun kita ingin cepat sampai tujuan, tetaplah patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Baik bagi kita yang memakai kendaraan roda dua, pakailan helm dengan standard yang tinggi, janganlah menerobos lampu lalu lintas satau sembarangan salip kendaraan lain. Hal ini tidak baik untuk keselamatan kita. Biasakan menjadi warga yang taat lalu lintas agar tidak merugikan keselamatan kita dan keluarga kita.
Beristirahatlah saat lelah.Milikilah prinsip berkendara yang aman. Perjalanan jau dan macet membuat badan kita lelah, jangan paksakan diri kita untuk terus berkendaran. Beristirahatlah di rest area atau hotel terdekat. Istirahat adalah hal yang sangat penting, kembalilah menyetir pasa saat kondisi tubuh kita sudah fit kembali..

تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ وَجْعَلْنَا مِنَ الْعَائِدِين وَالْفَائِزِين

Taqabalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum wa ja’alna minal ‘aidin wal faizin..

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 syawal 1440 H.

Mohon maaf lahir & bathin..

Travel Mudik | Tranz Travel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *